MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DI SD
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF
EXAMPLES NON EXAMPLES
CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG
RELEVAN DENGAN KD
1.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan
tujuan pembelajaran
2.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui OHP
3.
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada
siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil
diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya
6.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru
mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7.
Kesimpulan
PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Menyajikan materi sebagai pengantar
3.
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar
kegiatan berkaitan dengan materi
4.
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian
memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan
gambar tersebut
6.
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai
menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7.
Kesimpulan/rangkuman
NUMBERED HEADS TOGETHER
(KEPALA BERNOMOR)
(SPENCER KAGAN, 1992)
Langkah-langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam
setiap kelompok mendapat nomor
2.
Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok
mengerjakannya
3.
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan
memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4.
Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan
nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5.
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru
menunjuk nomor yang lain
6.
Kesimpulan
COOPERATIVE SCRIPT
(DANSEREAU CS., 1985)
Skrip kooperatif :
metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan
bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang
dipelajari
Langkah-langkah :
1.
Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk
dibaca dan membuat ringkasan
3.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama
berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4.
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap
mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar :
1.
o
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok
yang kurang lengkap
o
Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
2.
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar
menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
3.
Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
4.
Penutup
KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
(MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS)
Langkah-langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam
setiap kelompok mendapat nomor
2.
Penugasan diberikan kepada setiap siswa
berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa
nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil
pekerjaan dan seterusnya.
1.
Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar
kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa
siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas
yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
2.
Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang
lain
3.
Kesimpulan
STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS
(STAD)
TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI
(SLAVIN, 1995)
(SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
1.
Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang
secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2.
Guru menyajikan pelajaran
3.
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk
dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti
dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam
kelompok itu mengerti.
4.
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh
siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5.
Memberi evaluasi
6.
Kesimpulan
JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
(ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND
SNAPP, 1978)
Langkah-langkah :
1.
Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
2.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang
berbeda
3.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang
ditugaskan
4.
Anggota dari tim yang berbeda yang telah
mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok
ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5.
Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap
anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka
tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan
sungguh-sungguh
6.
Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7.
Guru memberi evaluasi
8.
Penutup
PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)
(PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH)
Langkah-langkah :
1.
Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai
dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa
untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2.
Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3.
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah,
pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4.
Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan
karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan
temannya
5.
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau
evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
ARTIKULASI
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3.
Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah
kelompok berpasangan dua orang
4.
Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lainnya
5.
Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa
sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6.
Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang
sekiranya belum dipahami siswa
7.
Kesimpulan/penutup
MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk
menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan
ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif
jawaban
3.
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
4.
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat
alternatif jawaban hasil diskusi
5.
Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu)
membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai
kebutuhan guru
6.
Dari data-data di papan siswa diminta membuat
kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru
MAKE – A MATCH
(MENCARI PASANGAN)
(Lorna Curran, 1994)
(Lorna Curran, 1994)
Langkah-langkah :
1.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi
beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian
kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2.
Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.
Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu
yang dipegang
4.
Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai
kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5.
Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya
sebelum batas waktu diberi poin
6.
Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap
siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7.
Demikian seterusnya
8.
Kesimpulan/penutup
THINK PAIR AND SHARE
(FRANK LYMAN, 1985)
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan inti
materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Siswa diminta untuk
berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
3.
Siswa diminta
berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil
pemikiran masing-masing
4.
Guru memimpin pleno
kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5.
Berawal dari kegiatan
tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah
materi yang belum diungkapkan para siswa
6.
Guru memberi
kesimpulan
7.
Penutup
DEBATE
Langkah-langkah :
1.
Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu
pro dan yang lainnya kontra
2.
Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang
akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3.
Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk
salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi
oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa
mengemukakan pendapatnya.
4.
Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru
menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide
diharapkan.
5.
Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
6.
Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru
mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin
dicapai.
ROLE PLAYING
Langkah-langkah :
1.
Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan
ditampilkan
2.
Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari
skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
3.
Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5
orang
4.
Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang
ingin dicapai
5.
Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk
melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6.
Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil
mengamati skenario yang sedang diperagakan
7.
Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa
diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
8.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil
kesimpulannya
9.
Guru memberikan kesimpulan secara umum
10.
Evaluasi
11.
Penutup
GROUP INVESTIGATION
(SHARAN, 1992)
Langkah-langkah :
1.
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
heterogen
2.
Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas
kelompok
3.
Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok
mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4.
Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah
ada secara kooperatif yang bersifat penemuan
5.
Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok
menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6.
Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi
kesimpulan
7.
Evaluasi
8.
Penutup
TALKING STICK
Langkah-langkah :
1.
Guru menyiapkan sebuah
tongkat
2.
Guru menyampaikan
materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa
untuk membaca dan mempelajari materi.
3.
Setelah selesai
membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
4.
Guru mengambil tongkat
dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa
yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai
sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5.
Guru memberikan
kesimpulan
6.
Evaluasi
7.
Penutup
BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
1.
Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa
menunjuk pasangannya atau siswa memilih sendiri pasangannya).
2.
Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas
dengan pasangannya.
3.
Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan
satu pasangan yang lain.
4.
Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan,
kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban
mereka.
5.
Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan
kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
1.
Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2.
Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil
masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3.
Masing-masing ketua kelompok kembali ke
kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh
guru kepada temannya
4.
Kemudian masing-masing siswa diberikan satu
lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut
materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5.
Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut
dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15
menit
6.
Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan
diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam
kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7.
Evaluasi
8.
Penutup
Komentar
Posting Komentar